Wahai Suami Ingatlah!! Istri Itu PENDAMPING, bukan PEMBANTU!!

Rabu, 21 September 2016


Berita Viralz"Ibu masak apa? Bisa ku bantu?"
"Ini masak gurame goreng. Sama sambal tomat kesukaan Bapak" sahutnya.
"Alhamdulillah.. mantab pasti.. Eh Bu.. calon istipsu kayaknya dirinya tidak bisa masak loh..."
"Iya semakin kenapa..?" Sahut Ibu.
"Ya tidak kenapa-kenapa sih Bu.. hanya cerita saja, biar Bunda tidak sedih, hehehe"
"Apa kalian pikir bahwa memasak, mencuci, menyapu, mengurus rumah dan lain lain itu keharusan Wanita?"

Aku menatap Bunda dengan tidak paham.

Lalu beliau melanjutkan, "Ketahuilah Nak, itu semua merupakan keharusan Lelaki. Keharusan kalian kelak kalau telah beristri." katanya sambil menyentil hidungku.

"Loh, bukankah Bunda setiap hari meperbuatnya?"
"Keharusan Istri merupakan taat dan mencari ridho Suami." kata Ibu.
"Sebab Bapakmu mungkin tidak bisa mengurusi rumah, maka Bunda bantu mengurusi semuanya. Bukan atas nama keharusan, namun sebagai wujud cinta dan juga wujud Istri yang mencari ridho Suaminya"

Saya makin bimbang Bu.

"Baik, anandaku sayang. Ini ilmu buat kalian yang mau menikah."

Beliau berbalik menatap mataku.

"Menurutmu, arti nafkah itu semacam apa? Bukankah keharusan Lelaki untuk menafkahi Istri? Baik itu sandang, pangan, dan papan?" tanya Ibu.
"Iya pasti saja Bu.."
"Pakaian yang bersih merupakan nafkah. Jadi mencuci merupakan keharusan Suami. Makanan merupakan nafkah. Maka kalau tetap berupa beras, itu tetap setengah nafkah. Sebab belum bisa di makan. Jadi memasak merupakan keharusan Suami. Lalu menyiapkan rumah tinggal merupakan keharusan Suami. Jadi kebersihan rumah merupakan keharusan Suami."

Mataku membelalak mendengar uraian Bundaku yang cerdas dan kebanggaanku ini.

"Waaaaah.. hingga segitunya bu..? Lalu apabila itu semua keharusan Suami. Kenapa Bunda tetap meperbuat itu semuanya tanpa menuntut Bapak sekalipun?"
"Sebab Bunda juga seorang Istri yang mencari ridho dari Suaminya. Bunda juga mencari pahala supaya selamat di akhirat sana. Sebab Bunda mencintai Ayahmu, mana mungkin Bunda tega menyuruh Ayahmu meperbuat semuanya. Apabila Ayahmu berpunya mungkin pesuruh bisa jadi solusi. Tapi apabila belum ada, ini merupakan ladang pahala untuk Ibu."
BACA JUGA : Masya Allah.. Ini 10 Alasan Mengapa Istri Berhak Dibahagiakan Dan Suami Wajib Membahagiakan
"Pernah dengar cerita Fatimah yang meminta pesuruh terhadap Ayahandanya, Nabi, sebab tangannya lebam menumbuk tepung? Tapi Nabi tidak memberinya. Alias sempat dengar juga saat Umar bin Khatab diomeli Istrinya? Umar diam saja sebab beliau tahu betul bahwa wanita kecintaannya telah meperbuat tugas macam-macam yang sebetulnya itu bukanlah tugas si Istri."
"Iya Buu..."

Aku mulai paham,

"Jadi Laki-Laki selagi ini salah sangka ya Bu, seharusnya setiap Lelaki berterimakasih pada Istrinya. Lebih sayang dan lebih menghormati jerih payah Istri."

Ibuku tersenyum.

"Eh. Pertanyaanku lagi Bu, kenapa Bunda tetap mau meperbuat semuanya padahal itu bukan keharusan Ibu?"
"Menikah bukan hanya soal menuntut hak kita, Nak. Istri menuntut Suami, alias sebaliknya. Tapi tidak sedikit faktor lain. Menurunkan ego. Menjaga keharmonisan. Mau sama mengalah. Kerja sama. Kasih sayang. Cinta. Dan Persahabatan. Menikah itu perlombaan untuk berusaha meperbuat yang paling baik satu sama lain. Yang Wanita sebaik mungkin menolong Suaminya. Yang Lelaki sebaik mungkin menolong Istrinya. Toh cita-citanya rumah tangga hingga Surga"
BACA JUGA : Inilah Kenapa Suami Selingkuh Meski Istri Sudah Cantik Sempurna
"MasyaAllah.... eeh kalo calon istipsu tahu faktor ini lalu dirinya jadi malas ngapa-ngapain, gimana Bu?"
"Wanita beragama yang baik pasti tahu bahwa ia harus mencari keridhoan Suaminya. Jadi tidak mungkin setega itu. Sedang Lelaki beragama yang baik pasti juga tahu bahwa Istrinya telah tidak sedikit menolong. Jadi tidak ada tutorial lain tidak hanya lebih mencintainya."

Subhanallah...
Semoga yang mengucapkan 'Aamiin' dan "share" diberbagi jodoh yang baik oleh Allah SWT, jadi sanggup membentuk keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah, dan kelak dimasukkan ke dalam surga yang terindah. Aamiin




sumber : redaksi9.com
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test